Elon Musk Alami Kerugian Setara Rp 178T Hanya Satu Malam!

Aktivitas Elon Musk di Twitter berdampak buruk bagi harga saham Tesla Inc. Hal ini membuat kekayaannya menguap US$12,3 miliar atau setara Rp 178,35 triliun (asumsi Rp 14.500/US$) dalam sehari.

Pada 18 Mei 2022, Elon Musk mengumumkan peralihan pilihan politiknya dari Partai Demokrat ke Partai Republik. Ia juga berbicara menghilang Environmental Social Governance (ESG) atau program soalnya peran perusahaan dalam tata kelola perusahaan dalam lingkungan dan sosial.

Melalui akun Twitter pribadinya, Elon Musk menyebut ESG sebagai “penipuan” setelah Tesla dikeluarkan dari Indeks S&P Global yang melacak perusahaan pada standar lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan.

Dia juga memperkirakan bahwa “serangan politik” terhadapnya akan “meningkat secara dramatis dalam beberapa bulan mendatang”, seperti dikutip dari The Star, Kamis (19/5/2022).

Harga saham Tesla telah merosot ke level terendah tahun ini. Sementara penurunan harga saham Twitter terus berlanjut. Semenjak Elon Musk mengumumkan rencana pencaplokan 100% saham Twitter, hartanya telah menyusut sebesar US$49 miliar, lebih besar dari nilai akuisisi Twitter US$44 miliar.

Beberapa investor melepas saham Tesla karena khawatir tentang bagaimana dia mendanai tawarannya untuk raksasa media sosial microblog itu.

Meski begitu, Elon Musk masih menjadi orang terkaya di dunia saat ini. Bloomberg Billionaires Index mencatat kekayaan mencapai US$209,9 miliar. Sejak awal tahun kekayaannya sudah turun US$60,4 miliar.

Namun penurunan kekayaan terbanyak dialami oleh Changpeng Zhao. Pendiri dan Bos Binance ini mencatatkan penurunan kekayaan hingga US$81 miliar karena kejatuhan harga kripto. Berikutnya ada Jeff Bezos yang hartanya berkurang US$62 miliar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *