Bisakah Emas Dipakai untuk Dana Pendidikan Anak?

Ada banyak cara investasi yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak, salah satunya adalah investasi emas. Pasalnya, emas sudah digunakan sebagai alat investasi sejak jaman dahulu. Namun, bisakah emas dipakai untuk dana pendidikan anak?

Investasi emas menjadi salah satu pilihan yang bisa kamu pertimbangkan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Hal ini karena harga emas cenderung naik sekitar 8-15 persen setiap tahunnya.

Dengan begitu, jenis investasi yang satu ini akan mampu mengimbangi biaya pendidikan yang rata-rata mengalami kenaikan sekitar 10-15 persen setiap tahunnya. Namun jika kamu ingin berinvestasi emas, sebaiknya ketahui dulu apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Investasi Emas Untuk Dana Pendidikan Anak

Ada banyak kelebihan investasi emas untuk dana pendidikan anak yang bisa kamu pertimbangkan, di antarannya adalah sebagai berikut:

1. Nilai Emas Terus Bertambah

Seperti yang telah kami singgung di atas, emas memiliki kenaikan harga sekitar 8-15 persen setiap tahunnya. Mengingat bahwa biaya pendidikan juga selalu naik setiap tahunnya, tentunya investasi emas ini akan menjadi alternatif yang tepat dibandingkan menabung konvensional.

2. Cocok Untuk Investasi Jangka Panjang

Jika kamu berniat untuk menabung jangka panjang, maka investasi emas bisa menjadi pilihan terbaik untukmu. Pahami kapan kamu menjual dan membeli emas. Pasalnya, waktu ideal untuk berinvestasi emas adalah minimal lima tahun. Hal tersebut dilakukan agar dapat menikmati potensi kenaikan harga yang cukup tinggi.

3. Memiliki Tingkat Resiko yang Rendah

Sebelum memutuskan investasi untuk dana pendidikan anak, kamu harus memahami potensi keuntungan dan risikonya, bukan? Tapi kamu tak perlu khawatir, karena emas memiliki tingkat resiko yang rendah. Hal ini karena harga emas memiliki nili yang cenderung stabil.

Kekurangan Investasi Emas Untuk Dana Pendidikan Anak

Di samping semua kelebihannya, ada juga beberapa kekurangan investasi emas untuk dana pendidikan anak, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Butuh Perawatan yang Tepat

Ada banyak jenis emas yang bisa kamu gunakan untuk investasi, mulai dari perhiasan, logam mulia, maupun tabungan emas. Jika kamu memilih investasi emas dengan tabungan emas online, mungkin kamu tidak membutuhkan perawatan apapun. Namun, jika kamu memilih perhiasan untuk investasi, kamu perlu mengeluarkan biaya untuk perawatannya.

2. Harga Emas Bisa Turun

Meskipun harga emas cenderung naik setiap tahunnya, bukan berarti harga emas akan selalu naik. Pada kondisi tertentu, harga emas bisa saja justru turun. Karenanya, penting untuk mempertimbangkan hal ini sebelum memuuskan untuk berinvestasi.

3. Tidak Cocok Untuk Investasi Jangka Pendek

Mengingat bahwa harga emas yang bisa turun dibeberapa kondisi, tentu menjadikan emas sangat tidak cocok untuk investasi jangka pendek. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas sebaiknya kamu konsisten dan hindari segala godaan yang membuatmu harus menjual emas.

Alternatif Siapkan Dana Pendidikan Anak

Tidak ada kata terlambat untuk mempersiapan dana pendidikan anak. Selain investasi emas, masih ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Salah satunya adalah dengan menggunakan Asuransi Beasiswa Ciputra Life.

Apa Itu Asuransi Beasiswa Ciputra?

Asuransi Beasiswa Ciputra, merupakan salah satu produk unggulan dari Ciputra Life untuk menjawab kebutuhan keluarga Indonesia akan pentingnya mempersiapkan dana pendidikan anak.

Asuransi ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menunjang kebutuhan pendidikan anak. Cukup 5 tahun bayar premi, dana pendidikan akan cair sebanyak 5x pada waktu yang telah ditentukan:

  • Tahun Polis ke 1 – 5: Orang tua bayar premi.
  • Tahun Polis ke 6: Cair sebesar 10% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 9: Cair sebesar 15% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 12: Cair sebesar 20% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 15: Cair sebesar 25% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 18: Cair sebesar 30% dari total beasiswa yang dipilih.

Keuntungan Asuransi Beasiswa Ciputra

Tak hanya itu saja, ada banyak keuntungan dari asuransi beasiswa Ciputra yang bisa kamu dapatkan, di antaranya:

  • Kamu dapat memilih sendiri besaran beasiswa sekolah atau dana pendidikan yang dibutuhkan anak hingga perguruan tinggi.
  • Masa bayar premi yang cukup singkat, hanya 5 tahun saja dengan nilai premi tetap.
  • Waktu pencairan dana terencana dan dibagi dalam 5 tahap.
  • Jika tertanggung (orang tua yang membayar premi) terdiagnosa penyakit kritis tahap akhir seperti yang tertera dalam polis dan telah melewati masa tunggu, maka Ciputra Life akan membebaskan pembayaran premi hingga masa pembayaran premi berakhir.
  • Jika tertanggung (orang tua yang membayar premi) dalam masa pertanggungan dan sudah melewati masa tunggu mengalami resiko meninggal dunia karena sakit atau penyakit kritis, maka anak akan mendapatkan santunan duka sebesar 25% dari total nilai beasiswa sekolah yang dipilih di awal.
  • Apabila memilih pembayaran premi secara tahunan akan mendapatkan diskon premi.

Dengan menggunakan Asuransi Beasiswa Ciputra, kamu tak perlu menyisihkan anggaran untuk pendidikan anak dalam jangka waktu yang panjang. Cukup 5 tahun bayar premi, kamu sudah bisa mendapatkan jaminan dana pendidikan anak hingga perguruan tinggi.  Kunjungi website asuransibeasiswa.ciputralife.com untuk informasi selengkapnya tentang produk asuransi beasiswa Ciputra.

You may also like...