Apa itu Interest Rate? Dan Apa Saja Jenisnya?

Dalam struktur investasi, tentu terdapat salah satu kegiatan yang tidak pernah lepas dari transaksi keuangan konvensional. Istilah lainnya dari interest rate itu sendiri adalah suku bunga, yang merupakan salah satu perangkat lindung nilai dalam proses pinjam meminjam. Proses tersebut adalah sebuah proses baik antar instansi ataupun perseorangan.

Apa itu Interest Rate?

Interest rate adalah salah satu unsur yang paling penting dalam perekonomian nasional yang ada di Indonesia. Apabila didefinisikan secara mendetail, interest rate pastinya adalah tingkat suku bunga yang telah ditetapkan. Utamanya saat sebuah bank memberikan pinjaman kepada nasabah nasabah tertentu.

Mengenal Interest Rate

Interest Rate adalah hal yang sangat penting karena tingkat suku bunga berlaku saat nasabah menyimpan uang di bank. Alasan pengenaan dari suku bunga dalam transaksi pinjaman pinjam adalah nilai sekarang dan nilai masa depan dalam uang. Pada umumnya, uang yang kita miliki saat ini dan yang kita miliki di masa mendatang akan berkurang nilainya.

Interest Rate di Indonesia

Pastinya anda sering sekali mengenal tentang interest rate di Indonesia, walau sekilas suku bunga sering sekali diabaikan. Di negara kita Indonesia, terdapat satu-satunya lembaga yang berhak menentukan suku bunga yakni Bank Indonesia.

Interest rate di Indonesia adalah sebesar 3,5% dari suku bunga deposit 2, 75% besarnya. Hal tersebut adalah hal berupa angka maksimal yang diterapkan oleh Bank Indonesia, agar bank dan penyedia kredit tidak menetapkan bunga terlalu tinggi kepada para nasabahnya.

Pada saat ingin melakukan jenis investasi, tentunya Anda harus mengenal suku bunga terlebih dahulu. Terlebih jika anda ingin melakukan investasi seperti p2p lending, yang memang harus diketahui dengan tepat dan lanjut saat ingin melakukannya.

Apa Saja Tipe-tipe Interest Rate?

Interest rate pastinya mempunyai beberapa tipe berbeda karena bergantung yang dipilih oleh bank itu sendiri. Utamanya ketika Anda memilih bank tempat anda meminjam dana, Anda tentunya harus mengenal tipe-tipe dari interest rate, salah satunya adalah sebagai berikut.

Bunga Tetap

Bunga tetap atau fixed rate adalah tipe pertama dari interest rate, juga merupakan istilah bahasa Inggris yakni fixed rate. Apabila anda melakukan peminjaman dengan bunga ini, maka anda tidak perlu khawatir terjadi kenaikan suku bunga di masa mendatang nantinya.

Contoh kecilnya adalah ketika anda mengambil pinjaman dengan bunga 5% dengan skema bunga tetap. Pastinya keesokan harinya bunga tetap anda akan menjadi 5% walaupun secara nasional seluruh bunga pinjaman tersebut berubah.

Terdapat kelemahan dengan bunga tetap, karena biasanya jumlahnya lebih tinggi dari bunga umum yang ditentukan oleh bank. Misalnya bank Anda umumnya menetapkan bunga 3%, dengan skema tetap maka anda bisa menetapkan bunga sebesar 3,2%.

Bunga Mengambang

Floating rate adalah bunga mengambang yang merupakan salah satu tipe dari suku bunga. Bunga yang satu ini adalah bunga yang jumlahnya fleksibel dan mengikuti interest nasional. Apabila anda mengambil pinjaman dengan skema bunga mengambang, maka sewaktu-waktu bunga pinjaman tersebut bisa berubah mengikuti perkembangan pasar.

Apabila dilihat secara sekilas, bunga mengambang pastinya tampak lebih menguntungkan jika dibandingkan bunga tetap. Akan tetapi, sewaktu-waktu bunga pasar akan meningkat di atas bunga tetap sehingga pembayaran pinjaman Anda tiba-tiba bertambah banyak.

Ada banyak sekali cara ketika anda ingin melakukan penghitungan dari interest rate. Beberapa cara tersebut adalah dengan menggunakan perhitungan flat dan efektif. Dengan penghitungan flat, maka anda bisa menghitung dengan perhitungan bunga yang paling sederhana, karena bunganya tidak akan berubah.

Tentu berbeda hasilnya jika Anda menggunakan perhitungan efektif, yang merupakan cara alternatif lainnya yang bisa. Alternatif yang satu ini adalah perhitungan dengan skema perhitungan efektif, bisa digunakan oleh siapa saja.

Jika Anda menggunakan skema dengan efektif ini, maka jumlah bunga akan terus-menerus berkurang setiap bulannya. Pada umumnya, skema ini digunakan dalam pembelian properti seperti rumah ataupun bangunan. Walaupun Anda bisa menggunakan skema yang satu ini dengan pembelian atau transaksi apa saja.

Interest rate tentu dapat dengan mudah dipahami jika anda mengenal pengertian dan tipe-tipenya. Walau interest rate  tidak disukai bagi sebagian besar orang, namun hal tersebut adalah komponen yang tidak terpisahkan dari transaksi keuangan.

Apabila anda memutuskan ingin melakukan transaksi seperti investasi di p2p lending. Maka anda terhitung masih aktif bertransaksi di lembaga keuangan di Indonesia. Maka, akan semakin lebih baik jika anda memahami konsep dari suku bunga ini agar lebih bijak mengambil keputusan finansial. P2p lending adalah salah satu jenis investasi yang bisa anda jadikan pilihan. Selain gampang dipahami, faktanya investasi yang satu ini juga digemari oleh masyarakat karena terhitung mudah. Anda juga dapat melakukan investasi dengan modal yang sangat kecil, ketika menggunakan p2p lending.

You may also like...