Ada 2 Alasan Tugu Muda di Semarang Menjadi Tujuan Wisata Banyak Orang

Source: https://www.nativeindonesia.com/tugu-muda-semarang/

Memutuskan berlibur ke Kota Semarang tentunya tidak bisa lupa dengan salah satu tugu yang sangat kokoh dan tinggi dilengkapi dengan api di bagian atasnya yaitu Tugu Muda Semarang. Tugu ini tentu sangat bersejarah karena ada kaitannya dengan Pertempuran 5 Hari yang pernah terjadi di Kota Semarang dahulu kala. Pembuatan tugu ini sebagai bentuk penghargaan dan juga penghormatan untuk anak-anak muda yang berani melawan Tentara Jepang untuk mempertahankan kemerdekaan.

Terjadinya pertempuran ini dikarenakan gugurnya salah satu Tokoh yang bernama dr Kariadi saat sedang mengecek tandon air Wungkal yang berada di daerah Candi Lama. Ada kabar bahwa gugurnya dr Kariadi karena diracun oleh Tentara Jepang, kejadian ini membuar rakyat gelisah dan memicu terjadinya perang antara keduanya. Apalagi saat itu ada 8 polisi istimewa sedang menjaga tandon dan juga diserang Tentara Jepang. Sebanyak 8 polisi tersebut ditangkap lalu disiksa di dalam Markas Ki Do Kutai, hal ini membuat keberanian pemuda menjadi lebih besar sehingga melakukan serangan balasan bersama dengan Tentara BKR.

Setelah itu, terjadilah pertempuran yang lebih besar lagi apalagi Mayor Kido yang menjadi pemimpin pertempuran menyerbu pusat kota dan ingin menguasai daerah Semarang hingga terjadi Pertempuran 5 Hari. Dalam pertempuran ini, banyak yang gugur dari rakyat Indonesia sekitar 2.000 jiwa dan Tentara Jepang sekitar 400 jiwa. Untuk mengenang perjuangan dari semua rakyat yang gugur, dibangun sebuah tugu yang letaknya berada di tengah alun alun yang diberi nama Tugu Muda Semarang di tanggal 28 Oktober 1945. Tidak begitu lama, tugu ini dibongkar Tentara Belanda yang sudah bergabung bersama RAPWI dan juga NICA. Hingga pada Hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 1953, Presiden Soekarno meresmikan Tugu Muda Semarang. Dengan adanya nilai sejarah dan juga letaknya strategis maka tugu ini selalu ramai setiap harinya terlebih ketika Sabtu dan Minggu. Berikut ini ada 2 alasan mengapa Tugu Muda Semarang selalu ramai dan menjadi tujuan wisata.

Taman Tugu

Di sekeliling tugu terdapat banyak taman-taman yang dilengkapi dengan beberapa ornamen sehingga bisa dijadikan juga sebagai taman kota. Ornamen yang ada pada taman mulai dari air mancur, lampu berwarna-warni, dan juga pohon Cemara yang membuat taman jadi lebih estetik.

Kompleks Wisata

Alasan yang kedua karena Tugu Muda Semarang termasuk dalam kompleks wisata Kota Semarang. Tidak jauh dari tugu ini maka bisa ditemukan berbagai tempat wisata yang lain sehingga dikatakan sebagai kompleks wisata. Dengan adanya beragam tempat wisata, tentu tugu ini juga menjadi tempat yang akan dikunjungi banyak orang termasuk dari luar kota.Itulah 2 alasan yang menjadi Tugu Muda Semarang selalu ramai dan menjadi tujuan wisata banyak orang dari mana saja termasuk dari Jakarta. Bagi warga Ibukota yang ingin datang ke Semarang maka bisa pesan tiket busnya sekarang sesuai jadwal yang diinginkan pada aplikasi Pegipegi. Apalagi keberadaan travel bus Jakarta Semarang murah di aplikasi Pegipegi membuat akses antara kedua kota ini menjadi lebih mudah.

You may also like...